Home Hacker Begini Cara Pelaku Skimming Bobol ATM Bank BRI

Begini Cara Pelaku Skimming Bobol ATM Bank BRI

494
0
SHARE

Begini Cara Pelaku Skimming Bobol ATM Bank BRI – Puluhan nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Ngadiluh, Kediri, Jawa Timur dikejutkan dengan hilangnya saldo rekening mereka secara misterius. Pihak BRI langsung bereaksi. Bambang Tribaroto, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Bank BRI menegaskan raibnya uang nasabah karena aksi kejahatan dengan teknik skimming.

Polisi akhirnya membekuk para pelaku skimming yang berjumlah lima orang yang terdiri dari tiga warga negara Rumania, seorang warga negara Hungaria, dan seorang warga negara Indonesia (WNI). Pasca insiden ini, BRI memberi ganti rugi dengan total Rp145 juta terhadap 33 nasabah yang rekeningnya bobol.

Apa itu skimming?

Dalam panduan berjudul “ATM Card Skimming & PIN Capturing: Customer Awareness Guide” yang dirilis Commonwealth Bank of Australia, skimming merupakan metode yang digunakan pelaku kriminal untuk mengambil data yang terekam dalam magnetic stripe atau pita magnetik yang ada di belakang kartu ATM/Debit/Kredit. Sementara itu, dalam pemberitaan yang dirilis Gizmodo, skimming dalam bentuk yang paling dasar, ialah hanya sebatas cara untuk mencegat transaksi keuangan yang sah.

Dalam bahasa yang lebih sederhana skimming adalah teknik foto copy data yang ada di kartu ATM korban. Tujuannya untuk membuat kartu ATM/Debet/Kredit bisa identik sehingga bisa bertransaksi secara “resmi” tanpa sepengetahuan pemiik dari pemegang kartu ATM.

Teknik skimming biasanya dilakukan dengan cara memasang WiFi pocket router disertai kamera untuk mencuri PIN nasabah. Melalui alat tersebut, para pelaku menduplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong.

Dengan dua kombinasi tersebut, pelaku selanjutnya dapat menggunakan kartu duplikat tersebut untuk mencairkan dananya di mesin atm atau menggunakannya sebagai kartu debit.

Bagaimana Teknik Skimming Bekerja?

Begini Cara Pelaku Skimming Bobol ATM Bank BRI – Para skimmer biasanya menggunakan alat tersembunyi untuk mencuri informasi pribadi yang tersimpan di kartu ATM dan mencatat nomor PIN Anda untuk mengakses semua uang tunai yang diperoleh dengan susah payah di akun Anda. Itu sebabnya skimming membutuhkan dua komponen terpisah untuk bekerja.

Bagian pertama adalah skimmer itu sendiri, yang befungsi untuk membaca kartu ATM yang biasa ditempatkan pada slot kartu di mesin ATM . Saat Anda memasukkan kartu Anda ke ATM. Dengan begitu tanpa disadari data dan semua informasi yang terdapat pada kartu ATM disalin dan kemudian dipindagkan kedalam kartu ATM kosong milik para pelaku skimming.

Lalu yang kedua, para pelaku masih membutuhkan nomor PIN anda agar bisa mengakses penuh data kartu ATM yang sudah disalin tadi. Nah disitulah para pelaku memasang kamera kecil pengintai yang tersembunyi untuk untuk mengetahui PIN ATM anda. Bahkan ada pula yang memasang tombol mesin ATM dengan keypad palsu yang bisa merekam PIN ATM anda ketika memasukkan PIN saat melakukan transaksi.

Tips Aman agar terhindar dari Teknik Skimming

  1. Sebisa mungkin bertransaksilah di Atm kantor unit karena jika mesin rusak ada petugas keamanan yang akan mengarahkan bukan mengikuti petunjuk call center palsu.
  2. Waspada saat memasukkan kartu ATM jika dilihat ada yang mencurigakan pada mulut mesin ATM, maka jangan lakukan transaksi.
  3. Aktifkan fitur SMS banking agar anda bisa mengetahui semua transaksi yang terjeadi pada rekening anda.
  4. Lakukan pergantian PIN ATM secara berkala untuk menghindari hal tersebut.

LEAVE A REPLY

seventeen − 11 =